Minggu, 30 Juli 2023

Gelar LAKMUD, dalam rangka reaktualisasi kader IPNU-IPPNU Kecamatan Mijen


Perhelatan kegiatan Latihan Kader Muda atau yang biasa dikenal dengan LAKMUD di MI Al-Hikmah Pasir telah dilaksanakan mulai hari Jum'at (23/06/2023) dan ditutup dengan khidmah pada hari Ahad (25/06/2023)

PAC IPNU IPPNU Kecamatan Mijen menggelar LAKMUD yang diikuti oleh 25 peserta, dengan rincian 21 peserta dari kader Pimpinan Ranting se-Kecamatan Mijen, 1 peserta dari PAC Kec. Bonang, dan 3 peserta dari kader PKPT Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

"Adapun tema dalam kegiatan LAKMUD ini adalah Membentuk pelajar yang unggul dalam keilmuan, tangguh dalam perjuangan, dan terdepan dalam keagamaan ala ASWAJA An Nahdliyah. Itu semua tidak lain bertujuan untuk melatih dan mendidik kader supaya lebih mandiri, lebih berani, dan selalu bergerak dalam memperjuangkan tujuan dari IPNU-IPPNU". Ujar Ahmad Izul Khaq selaku Ketua Panitia dalam sambutannya.

LAKMUD dibuka oleh Sekretaris Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Mijen bapak H. Sukono, A.Md. pada hari Jum'at (23/06/2023) dengan dihadiri oleh para tamu undangan lainnya, diantaranya yaitu PC IPNU-IPPNU Kab. Demak, PW Jawa Tengah, Ketua PAC GP Ansor Kec. Mijen, Ketua Pengurus Ranting NU Desa Pasir, Ketua Fatayat NU Desa Pasir, serta tamu undangan lainnya, baik di tingkatan Kecamatan maupun desa.

Sebagai informasi, kegiatan LAKMUD ini dipadatkan dengan 13 materi yang mana diisi oleh narasumber dari PC Demak, PW Jawa Tengah, senior, pembina, para sesepuh NU, baik dari internal Mijen maupun luar Mijen, dan dimoderatori langsung oleh peserta LAKMUD sebagai wujud praktek langsung sejak dini dari bentuk kenaikan tingkatan pengakaderan.

Dalam salah satu pemaparan pemateri, yakni materi Ke-Aswajaan II oleh Ust. M. Azyan Anas, M.Pd. menyampaikan bahwasanya "Yang membedakan Aswaja dengan yang lain yakni (1) Aswaja itu menjembatani pertikaian antar golongan, seperti yang telah terjadi pada masa Nabi Muhammad SAW (2) Aswaja menjadi penengah di berbagai firqoh yang muncul pada masa Khulafaur Rasyidin dan para sahabat."
 
"Seseorang yang awam dan belum mencapai derajat Mujtahid, harus bertaqlid pada salah satu madzhab." Tambah beliau yang juga pengurus MWC NU Kec. Mijen.
Kegiatan materi berlangsung dari Jum'at siang setelah pembukaan sampai Sabtu sore, lalu disambung dengan sarasehan Kader PAC IPNU-IPPNU Mijen dari masa ke masa, FGD dan pentas seni di malam harinya.

Selain dari pada pemaparan materi, LAKMUD ini juga dirangkaikan dengan acara inti yakni pembaitan sebagai wujud ikrar kenaikan tingkat dari Anggota biasa menjadi Kader Muda atas hak dan kewajiban. Selain itu, dalam serangkaiannya, ada juga outbond, olahraga, ice breaking, amaliyan NU, serta kegiatan pendukung lainnya yang seru dan menjiwai.

LAKMUD ditutup dengan Review Materi, Rencana Tindak Lanjut, Apresiasi Peserta, dan Closing Ceremony. Tidak lupa dilanjutkan dengan foto bersama dan bersih-bersih lokasi.

Red. Rini, Albab

Senin, 24 Juli 2023

BeautyClass Untuk Menambah Skill Pelajar Putri NU Mijen

Mijen – pacipnumijen.or.id || Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mijen mengadakan Kegiatan Pelatihan Makeup atau BeautyClasss. Ahad (23/07/2023) yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Mijen. 

Melihat minat serta bakat dari pelajar saat ini khususnya di wilayah kecamatan Mijen, pengurus PAC IPNU IPPNU Kecamatan Mijen ber inisiatif untuk mengadakan kegiatan pelatihan makeup yang mana diambilkan pemateri yang sudah profesional di bidangnya. Kegiatan BeautyClasss ini bertujuan untuk menambah wawasan atau menambah skill dari para pelajar Mijen. 

Kegiatan pelatihan kali ini yang di isi oleh pemateri yang sudah profesional di bidangnya yaitu Rekanita Lista Fajar Eryanti, yang mana sudah sering sekali dipanggil kesana kemari untuk merias baik untuk acara Engangement, wisuda, nikahan, maupun acara-acara lainnya. Beliau juga merupakan alumni dari PAC IPNU IPPNU Kecamatan Mijen yang berasal dari Desa Pasir Mijen Demak.
"Sebagai seorang pelajar kita tidak hanya dituntun untuk belajar didalam kelas saja, tidak hanya dituntut untuk pintar ilmu-ilmu agama atau pelajaran secara umumnya, namun kita juga harus mencoba mengasah skill yang ada pada diri kita dengan mencoba mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan seperti ini. Sebagai pelajar kita juga harus memiliki aura cantik baik dari luar maupun dari dalam" tutur Rekanita Wahyu Indah Pratiwi, S.Sos selaku Demisioner PAC IPPNU Kecamatan Mijen sekaligus Moderator dalam kegiatan kali ini.

Sambutan yang hangat terlihat juga dari wajah bahagia Rekanita Fadhilatul Adhimah, SE. selaku ketua PAC IPPNU Kecamatan Mijen, beliau menyampaikan dalam sambutannya "Saya ucapkan selamat datang rekanita semuanya peserta BeautyClasss pada hari ini, terimakasih telah ikut meramaikan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh PAC IPNU IPPNU Mijen semoga ilmu apa yang nantinya diberikan dan disampaikan oleh Rekanita Lista selaku pemateri kita pada hari ini dapat bermanfaat buat kita semua. Silahkan bisa di ikuti & diperhatikan dengan baik serta langsung dapat dipraktekkan nantinya sesuai arahan yang diberikan. Dan jangan malu untuk bertanya, silahkan bertanya sebanyak-banyaknya apa yang ingin rekanita tanyakan". 
Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 dengan cuaca yang cukup cerah ini membuat para peserta hadir dengan penuh semangat. Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 30 peserta dari berbagai ranting di wilayah kecamatan mijen.


Salam Berjuta,
Belajar
Berjuang
Bertaqwa

(Red:  Tiiw tiiw)

Minggu, 16 Juli 2023

PAC IPNU-IPPNU KEC. MIJEN GOES TO SCHOOL

Mijen – pacipnumijen.or.id || Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mijen mengadakan Agenda TURBA (Turun Bawah) untuk Koordinasi dan Sosialisasi. Kamis (13/07/2023) yang bertempat di SMP Qur'an Tahfidz Darussalam Ngemplak Desa Jleper, Kecamatan Mijen, Demak menjadi tempat pertama dalam agenda turba kali ini. 

TURBA (Turun bawah) merupakan salah satu program kerja PAC IPNU IPPNU Mijen, yang mana biasa dilaksanakan ke PR (Pimpinan Ranting) atau PK ( Pimpinan komisariat) yang ada di wilayah kecamatan mijen. Pada moment kali turba dilakukan ke sekolah-sekolah yang mana bersamaan dengan waktu MATASBA (Masa Ta'aruf Siswa Baru) atau MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). 
Cuaca yang cukup cerah membuat semangat para santri atau siswa-siswi MATASBA SMPQT Darussalam ini tidak kalah cerah, terlihat sangat  semangat serta antusias yang sangat bagus dalam mendengarkan materi maupun mengikuti setiap instruksi dari para pemateri.

Beberapa poin materi yang diberikan oleh rekan rekanita PAC IPNU IPPNU Mijen meliputi materi Keorganisasian dimana siswa baru diajak untuk mengenal Organisasi beserta Manfaat mengikutinya , kemudian Ke IPNU-an serta Ke IPPNU-an yang mana dipaparkan secara ringkas dan menarik. 

"Menjadi salah satu cita-cita kami selaku pengurus Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU kec. Mijen agar dapat mensosialisasikan mengenai Organisasi kepada teman-teman pelajar yang ada di kecamatan mijen, Semua sekolah di jenjang Madrasah Tsanawiyah sederajat dan Madrasah Aliyah sederajat di kecamatan Mijen yang bisa kami datangi akan kami datangi pak, terlebih yang berada di bawah naungan LP Ma'arif, kita upayakan sedini mungkin dapat mengenalkan IPNU IPPNU "
Tutur Rekan Habib Akbar selaku ketua PAC IPNU Kec. Mijen ketika berbincang dengan beberapa guru disana.
Hal ini selaras dengan apa yang di harapkan PBNU agar IPNU IPPNU kembali ke sekolah-sekolah, “(PBNU) Menginginkan kita semua IPNU dan IPPNU tentunya untuk bagaimana semaksimal mungkin masuk ke sekolah-sekolah, untuk bagaimana semaksimal mungkin mensosialisasikan terkait dengan Aswaja an-Nahdliyah di tengah masyarakat,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat IPNU Aswandi Jailani pada pembukaan Pra-Kongres IPNU dan IPPNU di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (15/7/2022)

Sambutan hangat juga diberikan oleh Bapak Miftahul Akhyar M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Qur’an Tahfidz Darussalam beserta beberapa guru yang turut hadir disana.
" Terimakasih kepada teman-teman IPNU IPPNU telah hadir dan ikut memeriahkan  MATASBA kali ini, yg terpenting dari semua itu anak-anak diberikan semangat untuk menuntut Ilmu" tutur beliau pak Miftah selaku kepala sekolah SMP Qur’an Tahfidz Darussalam Jleper Mijen Demak.

Salam Berjuta,
Belajar
Berjuang
Bertaqwa

(Red:  Tiw, Bibar)