Kamis, 23 Februari 2023

Dalam Rangka Menyiapkan kader yang berpotensi, PAC IPNU IPPNU Mijen melaksanakan MAKESTA Raya Zona #2

Demak, Jum'at -Sabtu (17-18/02/2023) Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama' (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama' (IPPNU) menggelar kelas pengkaderan MAKESTA untuk menyiapkan kader-kader yang berpotensi, Bertanggung jawab, Aktif, serta komunikatif yang sesuai dengan landasan Ahlusunnah Waljama'ah. Berawal dari awamnya pengetahuan mereka terkait MAKESTA di tambah ikhtiar panitia dalam mensosialisasikan agenda ini kepada pelajar pelajar di Kecamatan Mijen membuahkan hasil dengan membuat diri para kader-kader ini tergugah untuk ikut Makesta kali ini. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam tepatnya hari Jumu'ah-Sabtu yang bertempat di SMK Miftahul Huda Jleper Mijen Demak dapat berjalan dengan lancar, walaupun Acara agak sedikit molor karena Hujan deras disertai angin tak mengurangi sedikit semangat dari para peserta maupun panitia untuk tetap menjalankan kegiatan ini dengan baik. 
MAKESTA adalah pengkaderan jenjang awal di IPNU IPPNU, pengenalan awal di IPNU IPPNU yang mana banyak sekali materi-materi yang disampaikan didalam kegiatannya. Mulai dari KeNU-an, KeAswaja- an, Ke IPNU IPPNU, keOrganisasi-an, serta kepemimpinan. Maka dari itu sangat pentingnya kegiatan ini untuk bisa diikuti dan tidak dilewatkan oleh kader-kader IPNU IPPNU.

Makesta kali ini diikuti 35 Peserta dengan rincian 15 IPNU 20 IPPNU dari beberapa ranting di Kecamatan Mijen,  turut hadir pula ketua Syuriah dan Tanfidziyah beserta Banom NU ranting jleper, ketua IPNU PC kab. Demak dan beberapa PAC di kab. Demak dan Jepara.  MAKESTA kali ini sedikit menarik dan berbeda dengan MAKESTA sebelumnya yang pernah diadakan PAC IPNU IPPNU KEC. MIJEN, dimana peserta yang mengikuti MAKESTA umumnya mulai dari jenjang sekolah SMP/MTS dengan umur minimal 13 tahun. Akan tetapi luar biasa sekali ada beberapa calon anggota yang umurnya dibawah 13 tahun. 
"Luar biasa sekali baru ini ada kader termuda yang mengikuti kegiatan MAKESTA, jika nanti rekanita ini dapat mengikuti hingga selesai dan baik maka nanti akan saya beri penghargaan khusus. Dan silahkan nanti panitia bisa bilang ke saya." Tutur rekan Siswanto Ketua PC IPNU Demak dalam sambutannya.
Bapak Kyai Ashuri Selaku ketua Tanfidziyah NU Ranting Jleper pun berterimakasih telah mengadakan Makesta di desa jleper, semoga membuahkan hasil seperti apa yang di harapkan, " Terimakasih kepada adek adek yang telah mengadakan salah satu agenda besar disini, kami selaku Warga NU pun ikut bangga atas adanya acara ini" tutur beliau dalam sambutannya.
 
Rekan Khabib Al Muzakki selaku ketua Panitia Kegiatan mengucapkan selamat datang untuk para peserta yang telah berantusias untuk mengikuti kegiatan ini, serta terimakasih banyak kepada para tamu undangan yang telah hadir, dan tak lupa ucapan terimakasih kepada para panitia yang telah bersama-sama bersinergi untuk mempersiapkan dan mensukseskan acara MAKESTA ini.

Rekan Syamsi Selaku Waka Organisasi juga menyisipkan sepatah dua kata untuk memotivasi peserta Makesta Raya 2 sebagai penerus perjuangan dimasa depan
" Syubbabul yaum rijalul ghod, pemuda sekarang adalah pemimpin di masa depan.
Maka ipnu ippnu lah nantinya yg akan meneruskan ansor fatayat, NU dan Muslimat. Kalau kita anak2 nya tidak ikut ipnu ippnu nggeh kyoe mboten macem. Terus dlu saya ikut alumni makesta 2018 ya sekarang sperti ini. Jngan takut dan bingung makesta buat apa dan nanti jadi apa, kalian2 semualah nantinya yg meneruskan saya di depan ini dan para2 kyai dan bunyai di masa nanti " ungkap rekan Syamsi Selaku Pengurus PAC IPNU-IPPNU Mijen masa khidmah 2021-2023 M. 
Semoga kader IPNU IPPNU bisa menjadi penerus para kyai kyai, para Masyayikh dan muassis Nahdlatul Ulama' Aamiin Ya Rabbal Aalamin. 

Salam3B

Pewarta: RekanAkbar,RekanitaPratiwi

Selasa, 14 Februari 2023

Mengajak Pelajar Untuk Bergabung di IPNU-IPPNU, PAC Kecamatan Mijen Sosialisasi Kegiatan MAKESTA

Demak, Selasa/14/02/2023 Pengurus PAC IPNU-IPPNU Mijen memberikan sosialisasi terkait kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA RAYA) yang akan di adakan pada pekan ini. Dengan tujuan untuk memberikan pengarahan serta mengajak semua pelajar diwilayah kecamatan Mijen khususnya untuk dapat bergabung di IPNU-IPPNU melalui kegiatan pengkaderan yang paling awal.

Masih awamnya pengetahuan para siswa dan siswi terkait apa itu IPNU dan IPPNU apalagi tentang MAKESTA yang membuat para pengurus PAC Mijen tambah bersemangat untuk bisa terjun langsung dan memberikan sosialisasi kepada para pelajar yang ranahnya bukan sekolah ma'arif atau madrasah, walau begitu mereka sangat antusias sekali baik dari pihak guru maupun dari siswa dan siswi SMPN 2 Mijen.

"Silahkan untuk teman-teman pengurus dari PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Mijen jika ingin memberikan sosialisasi kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) kami persilahkan, untuk nanti bisa bertemu dengan siswa-siswi kami" tutur Bu Yayuk salah seorang guru SMPN 2 Mijen.
Rekanita Emi selaku Waka 1 bid. Organisasi yang didampingi Rekanita Tiwi dan Rekanita Ayu memberikan arahan tentang bagaimana cara mengikuti MAKESTA serta apa aja yang akan didapatkan saat MAKESTA, dengan penyampaian yang mudah dipahami serta menarik, menyesuaikan kondisi pelajar sekarang diselingi berbagai jargon cara lainnya.

Rekanita Tiwi menambahkan "IPNU & IPPNU adalah wadah Organisasi bagi pelajar-pelajar Nahdlatul Ulama' yaitu Badan Otonom yg paling terkecil di NU, karena kita memiliki bapak yaitu NU, ibu kita Muslimat, kakak kita Ansor Banser, serta mbak kita yaitu Fatayat. NU itu organisasi besar, kita sudah memasuki Abad ke 2. Jadi banggalah kita sebagai warga NU khusunya. Maka dari itu untuk bisa lebih dekat dan lebih faham terkait hal tersebut ayo adik-adik ikutlah MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) yaitu jenjang pengkaderan di IPNU-IPPNU yang didalam kegiatannya nanti akan dapat banyak sekali pengalaman, ilmu, relasi, serta hal-hal yang belum tentu adik-adik dapatkan di bangku sekolah ini" Tutur Demisioner Ketua PAC IPPNU Mijen beberapa periode lalu, yang sekarang juga menjadi Pengurus PC IPPNU Kab. Demak.
"Kegiatan dilaksanakan besok hari Jum'at-Sabtu di SMK Miftahul Huda Jleper, kita isi hari-hari libur kita dengan kegiatan yang bermanfaat dari pada gabut dirumah hanya main hp atau tidak punya kegiatan lain. Untuk cara pendaftaran silahkan nanti bisa mengisi link pendaftaran yang telah kami berikan." Tambahan dari Rekanita ayu selaku Waka 2 Bid. Kaderisasi PAC IPPNU Mijen.

Walaupun cuaca cenderung panas tak menyurutkan semangat Siswa Siswi mengikuti Sosialisasi ini. Mereka semangat mendengarkan penjelasan dan sangat antusias dengan melontarkan beberapa pertanyaan mengenai Makesta.

Pewarta : _WIP_
Editor : MUAM dan HAF

Senin, 13 Februari 2023

Semangat Baru, PAC Mijen Lantik PR IPNU-IPPNU Bermi

Ahad, 12 Februari 2023. Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Desa Bermi Mijen Demak resmi dilantik. Pelantikan yang dilaksanakan malam hari mulai pukul 19.30 hingga 23.00 dengan berbagai rangkaian acara didalamnya berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam acara ini dihadiri oleh banyak tokoh, mulai dari para yai, semua BANOM NU yaitu pengurus NU, Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser, kepala desa, pengurus PAC IPNU IPPNU, ranting sekecamatan Mijen, serta KKN dari UNISNU Jepara.
Dalam pelantikan kali ini yang dilantik langsung oleh Ketua PAC IPNU Mijen rekan Habib dan Juga Rekanita Emi selaku WAKA Kaderisasi memberikan ucapan selamat dan sukses kepada para pengurus PR IPNU-IPPNU Bermi, dengan harapan yang diberikan agar nantinya dapat istiqomah dalam melaksanakan roda organisasi dengan menjalankan sebagaimana mestinya sesuai tujuan dan peraturan IPNU IPPNU sehingga bisa berjaya karena sebagai gerbang awal masuk di NU.
"Terimakasih kepada para pemuda desa bermi khususnya PR IPNU IPPNU Bermi yang memulai perjuangan baru untuk melakukan kegiatan dan pergerakan untuk kemajuan desa bermi nantinya, khususnya dibidang keagamaan, sosial dsb". Ungkap 
Bpk. Moh. Musyafak kepala Desa Bermi.

Bpk. K. Ahmad Muhtadin selaku ketua PR NU Bermi menuturkan "Jadikanlah IPNU-IPPNU Bermi syiar mengikuti banom2 yang lain dan bersatu demi keluarga besar NU, khususnya desa bermi agar bisa menjadi rujukan desa2 se kecamatan mijen".

Sementara itu, Bpk KH. Ainun Najib, S.Pd.I dalam mauidhoh hasanahnya beliau memberikan pesan-pesan untuk kader IPNU IPPNU khususnya di wilayah kecamatan Mijen untuk terus semangat dalam berkhidmah di NU. Jangan mengikuti kegiatan IPNU IPPNU disaat ada waktu, akan tetapi luangkanlah waktu untuk berjuang di IPNU IPPNU. 

Selain itu beliau juga menjelaskan beberapa poin dalam mauidhoh nya bahwa "Ketika saat seseorang akan menikah, maka pesan orang tua mempelai perempuan untuk para mempelai laki2 adalah sekarang kuserahkan anakku padamu, mau kamu beri makan apa, tinggal dimana, kamu apain saja tidak apa2 asal dia menerima, tpi ingat satu hal, dulu anakku kubesarkan dr kecil sampai sekarang ku ajarkan utk mengenal Allah dan beribadah KepadaNya, makan jangan sekali2 kamu jauhkan anakku dari Allah, apalagi meninggalkan ibadah, tetapi harus lebih taat lagi. Kalau sampai itu terjadi, maka akan kutuntut kamu diakhirat nanti.
Begitupun IPNU IPPNU yang memperjuangkan tujuan NU yg sesungguhnya. kepada para pengurus yg baru saja dilantik, mau kegiatan dan melakukan apapun silahkan se kreatif mungkin, tapi ingat satu, jangan sampai kamu melenceng atau bahkan berhenti tidak berusaha mencapai tujuan awal IPNU IPPNU maupun NU, maka mbah KH. Tolhah Mansur, mbah Nyai Hj. Umroh Mahfudhoh dan Mbah KH. Hasyim Asy'ari akan menuntutmu diakhirat kelak juga".

Banyaknya pimpinan ranting yang ada di kecamatan Mijen dengan harapan semuanya dapat aktif serta Istiqomah dalam berjuang bersama dalam pengkaderan serta menjadikan PAC IPNU IPPNU Mijen khusunya menjadi lebih baik.

Pewarta : _WIP_

Peringati Isro' Mi'roj dan Harlah 1 Abad NU, PAC Mijen gelar Selapanan Majelis Ta'lim dan Sholawat

Pelajar putra dan putri Nahdhatul Ulama' yang dikenal dengan IPNU-IPPNU di wilayah Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Mijen Demak menggelar Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW dan Hari Lahir 1 Abad Nahdlatul Ulama'  dengan Menyelenggarakan Selapanan Pelajar NU Se Kecamatan Mijen yang dikonsep dalam Majelis Ta'lim dan Sholawat.

Demak, Ahad 12/02/2023 Selapanan dalam rangka Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW dan Harlah 1 Abad NU ini bertempat Masjid NU Al Ihsan Desa Bantengmati Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang di isi Mauidhoh Hasanah oleh KH. Musron Makmun, selaku Mustasyar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama' (MWC NU) Kecamatan Mijen, serta dihadiri oleh jajaran sesepuh NU dan Banom-Banom NU Desa setempat, Pembina, Senior, beberapa PC IPNU-IPPNU Demak, serta para pelajar dan santri se kecamatan Mijen dari jajaran PAC, Ranting, maupun Komisariat, serta kader IPNU-IPPNU baik dari dalam Wilayah Mijen maupun lintas wilayah luar Mijen.

Habib Akbar selaku Ketua PAC IPNU Kec. Mijen dalam sambutannya memberikan penyemangat, dan memberikan gambaran peran IPNU-IPPNU sebagai pelajar yang agamis dalam syiar keagamaan harus selalu istiqomah dimulai dari hal kecil, bahkan bisa sampai skala besar. Perlu juga regenerasi untuk lebih mengembangkan organisasi dengan menyiapkan dan menghimpun anggota sebanyak-banyaknya. Rekan Habib dengan sapaan akrabnya, melakukan sosialisasi beberapa agenda yang ada, khususnya yang terdekat yakni MAKESTA RAYA Zona Utara yang merupakan perekrutan besar-besaran sebagai jenjang awal secara resmi menjadi anggota IPNU-IPPNU dengan menghimbau para hadirin hadirot supaya menyebarkan info seluas-luasnya supaya mengajak para pelajar untuk gabung mengikuti kegiatan tersebut.

Dawuh KH. Musron Makmun dalam Mauidhoh Hasanahnya menjelaskan dengan poin-poinnya yaitu sebagai generasi terpelajar yang berpendidikan, ketika melakukan sesuatu harus mengetahui tujuan dan sumber dengan sanad yang jelas dalam segala sesuai yang dilaksanakan, karena sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama' harus berbeda dengan yang lainnya, jangan sampai di bodohi. Taat kepada kyai guru2 harus dilakukan, meskipun terkadang ketika dijelaskan tidak faham, yang penting mendengarkan, dari situlah akan ada keberkahan. Isro' Mi'roj pertama kali yang memperingati bukan kalangan - kalangan orang Islam, namun kita harus mengetahui asal muasalnya jangan sampai tujuannya keliru." Begitu ngendikanipun Yai dengan bahasa yang jelas dan intonasi yang tegas, sehingga membuka wawasan pemikiran para pelajar.

Pesan lain juga di dapat dalam cuplikan sambutan dari Ketua Tanfidziyah Pengurus Ranting NU Desa Bantengmati Bapak K. Jumadi "Sebagai anak dari NU, harus selalu semangat untuk berjuang dalam kegiatan Nahdlatul Ulama', khususnya di ranah pelajar harus selalu belajar, baik dalam ilmu agama maupun ilmu umum, disini para bapak NU, ibu Muslimat, Mas Ansor, Mbak Fatayat ketika ada kegiatan silahkan diundang, kapanpun akan selalu mendukung dan membersamai IPNU-IPPNU" Dawuh beliau yang kerap disapa dengan Lurahnya NU Bantengmati. Sambil dicontohkan dan dinyanyikan lagu Aisyah Jamil yang dengan lirik belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas air dst, yang menyentuh hati para hadirin hadirot.

Acara tersebut berjalan lancar yang dimulai pagi pukul 08.00 dan berakhir sampai  pukul 11.30 siang dengan cuaca mendung dan gerimis sempat turun. Meski acara agak sedikit molor, namun tidak mengendorkan semangat perjuangan para pelajar NU Mijen ini. Berbagai kegiatan juga masih banyak yang akan dilakukan dengan bergilir dari ujung desa ke desa se Kecamatan agar dapat merata dan semua merasakan jangkauannya.

Harapannya dengan adanya acara ini semoga PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Mijen dapat istiqomah dalam menebar kebaikan, maju, serta sukses dalam pengkaderan, dalam pengembangan SDM, serta dalam menanamkan nilai-nilai dakwah, pendidikan, kekompakan, semangat, dan dapat mempelopori kepada semua pelajar, khususnya di kecamatan Mijen.

Pewarta : M.U. Albab M.