Kamis, 27 Februari 2020

Akhlaq Seorang Santri Terhadap Dirinya Sendiri


Seorang santri harus bisa mengetahui akhlaq atau etika terhadap dirinya sendiri. Dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta’allim karya Hadrotus Syekh KH. Hasyim Asy’ari menerangkan ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan seorang santri atau murid terhadap dirinya sendiri, yaitu;
1. Harus mensucikan hatinya dari sesuatu yang mempunyai unsur menipu, kotor, penuh rasa dendam, hasud, keyakinan yang tidak baik, dan budi pekerti yang tidak baik. Hal itu di lakukan supaya ia pantas untuk menerima ilmu, menghafalkannya, meninjau kedalam maknanya, dan memahami makna yang tersirat.
2. Harus memperbaiki niat dalam mencari ilmu, dengan tujuan untuk mencari Ridha Allah ta'ala, mampu mengamalkannya, menghidupkan syari'at, untuk menerangi hati, menghiasi batin, dan mendekatkan diri kepada Allah. Tidak bertujuan untuk memperoleh tujuan-tujuan duniawi. Misalnya jadi pemimpin, jabatan, harta benda, mengalahkan teman, supaya di hormati masyarakat dan sebagainya.
3. Harus berusaha sesegara mungkin untuk memperoleh ilmu di waktu masih belia dan memanfaatkan sisa umurnya. Jangan sampai menunda-nunda belajar dan terlalu banyak berangan-angan. Karena, setiap jam akan melewati umurnya yang tidak mungkin di ganti atau di tukar.
4. Harus menerima apa adanya (qona'ah) berupa segala sesuatu yang mudah ia dapat, baik itu berupa makanan atau pakaian, dan sabar atas kehidupan yang berada di bawah garis kemiskinan yang ia alami ketika dalam tahap proses mencari ilmu, serta mengumpulkan morat-marit nya hati akibat terlalu banyaknya angan-angan dan keinginan, sehingga sumbeh hikmah akan mengalir kedalam hati.
5. Harus bisa membagi seluruh waktu dan menggunakannya setiap kesempatan. Waktu yang paling ideal dan baik di gunakan oleh para santri yaitu; a) waktu sahur di gunakan untuk menghafal, b) waktu pagi di gunakan untuk membahas pelajaran, c) waktu tengah hari di gunakan untuk menulis, d) waktu malam di gunakan untuk meninjau ulang dan mengingat pelajaran.
6. Harus mempersedikit makan dan minum, karena apabila perut dalam keadaan kenyang maka akan menghalangi semangat ibadah dan badan menjadi berat. Biasanya tumbuhnya penyakit itu dari kebanyakan makan dan minum, seperti sebuah syair yang berbunyi;
ูุฅู† ุงู„ุฏุงุก ุฃูƒุซุฑ ู…ุง ุชุฑุงู‡ # ูŠูƒูˆู† ู…ู† ุงู„ุทุนุงู… ูˆุงู„ุดุฑุงุจ
Yang artinya kurang lebih:
“Sesungguhnya penyakit yang engkau saksikan itu kebanyakan timbul dari makanan dan minuman.”
7. Harus mengambil tindakan terhadap dirinya sendiri dengan sifat wira'i (menjaga diri dari perbuatan yang bisa merusak harga diri) serta berhati-hati dalam setiap keadaan, memperhatikan kehalalan makanannya, baik itu berupa makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal.
8. Harus mempersedikit makan yang merupakan salah satu sebab tumpulnya otak (dedel:Jawa), lemahnya panca Indra, seperti buah yang masam, minum cuka. Begitu juga makanan yang menimbulkan banyak dahak, yang dapat mempertumpul akal fikiran dan memperberat badan, seperti terlalu banyak minum susu, makan ikan dan lain sebagainya.
9. Harus berusaha untuk mengurangi tidur selama tidak menimbulkan bahaya pada tubuh dan akal pikirannya. Jam tidur tidak boleh lebih dari delapan jam selama sehari semalam. Apabila ia merasa terlalu lelah, maka tidak ada masalah untuk memberikan kesempatan beristirahat untuk dirinya.
10. Harus meninggalkan pergaulan. Karena itu sangat penting bagi orang yang mencari ilmu, apalagi bergaul dengan lawan jenis khususnya jika terlalu banyak bermain dan sedikit menggunakan akal fikiran. Bahaya dari pergaulan adalah menyia-nyiakan umur tanpa guna dan berakibat hilangnya agama apabila bergaul bersama orang yang tidak beragama. Jika ia membutuhkan orang yang bisa menemaninya, maka orang itu harus shaleh, kuat agamanya, takut kepada Allah, wira'i, bersih hatinya, banyak berbuat kebaikan. Jika ia lupa temannya yang mengingatkan, dan bila ia ingat, berarti temannya telah menolongnya.
Itulah beberapa akhlaq seorang santri terhadap dirinya sendiri yang terdapat dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta’allim. Semoga kita selalu Istiqomah dalam mengerjakan sesuatu yang baik supaya kita bisa menjadi santri yang berakhlaqul Karimah. Karena santri harus mempunyai ilmu dan Akhlaq yang baik, seperti halnya dalam maqalah “Syaraful Insana bil Ilmi wal adab”.
Al-Faqir Al-Dhaif
Achmad Aan Nahrudin 

Minggu, 23 Februari 2020

IPPNU Pecuk MENSOSIALISASIkan acara istighosah di SD Pecuk 01 & SD Pecuk 02

 
www.pacipnumijen.or.id -Sabtu, 22 Februari 2020 PR IPNU IPPNU Pecuk mengajak adik" yang masih d bangku Sekolah Dasar untuk ikut berpartisipasi dalam acara istighosah (do'a bersama) & harlah IPNU IPPNU yg di adakan PR. IPNU-IPPNU Pecuk.


#PRIPNUIPPNUPECUK
#PACIPNUIPPNUMIJEN
#ISTIGHOSAHDANHARLAH
#SABTU22FEBRUARI2020
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA 

PAC IPNU-IPPNU Mijen Ikuti Pendidikan Pra Nikah



www.pacipnumijen.or.id — Ahad, 23 Februari 2020, beberapa delegasi dari Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama'-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama' Kecamatan Mijen, berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKK-NU) Cabang Demak bersama PC IPNU-IPPNU Kab. Demak yakni "Pendidikan Keluarga Maslahah Bagi Remaja Pra-Nikah", yang undangan nya sudah dikabarkan jauh-jauh hari lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Bina Praja Kabupaten Demak mulai pukul 08.00 WIB sampai sekitar pukul 13.30 WIB.

Acara ini dimulai dengan berbagai runtutan pembukaan sebagaimana rutinitas warga NU pada umumnya, serta dihadiri Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kab. Demak KH. Aminudin, yang didampingi ketua LKK-NU Ibu Hj. Ida Nur Sa'adah, S.Pd.I, MH. juga ketua PC IPNU Kab. Demak Rekan M. Noor Mustaqim serta seluruh tamu undangan yang tidak dapat disebut satu persatunya. Setelah itu, memasuki pada acara inti yakni pemaparan 3 materi, yang pertama oleh Dr. Hj. Umma Farida, Lc., MA. yang membawakan materi Keluarga Maslahah Perspektif Islam, lalu materi kedua yakni Reproduksi Remaja, Gender, dan Pra-Nikah oleh Ibu Indah Kusumawati, S.SiT, SKM, M.Kes. Dilanjutkan materi ketiga oleh Bpk. Arizal Hanafi, SI.Kom. yang menyampaikan materi Ekonomi Kreatif Milenial, serta diakhiri oleh prosesi tanya jawab yang begitu menarik dan antusias yang luar biasa dari peserta, sampai-sampai ada yang kehabisan waktu untuk menyampaikan pertanyaannya.

Cuaca terang, dan partisipasi dari PC Demak serta undangan delegasi PAC se Kabupaten Demak pun sangat antusias sekali, tentunya untuk tetap ingat dalam semboyan IPNU-IPPNU yakni Belajar dan tetap Belajar dalam menuntut ilmu dimanapun berada, serta nantinya supaya dapat dibagikan keapada rekan-rekanita lainnya agar menjadi ilmu yang bermanfaat.

Dari acara ini, sebagai remaja sekarang supaya tidak ketertinggalan tentang ilmu-ilmu pra-nikah yang harus diketahui baik secara umum maupun perkembangan di era milenial, serta agar dapat membekali diri supaya dapat menuju keluarga yang selalu berada di jalan yang diridhoi Allah SWT.

Red : muam

#PACIPNUIPPNUMIJENHADIR
#PendidikanPraNikah
#LKKNU-PCIPNUIPPNUDEMAK
#SiapaKita?
#PelajarNUsantara
#SalamPelajar
#BelajarBerjuangBertaqwa
#BerIpnuIppnuituAsyik
#RemajaMilenial
#RemajaIslamSehatMandiri
#SalamPraNikah
#BelajarBerjuangMenujuHalal 

Istighosah (do'a bersama) & harlah IPNU ke-66 IPPNU ke-65



www.pacipnumijen.or.id - Ahad,23 Februari 2020 PR IPNU IPPNU Pecuk mengadakan acara istighosah (do'a bersama) & harlah IPNU IPPNU. Acara yg dimulai jam 07.30 WIB bertempat di Masjid Al Istiqomah Desa Pecuk ini alhamdulillah berjalan dengan lancar.
Dalam acara tersebut yg menjadi tamu undangan yakni Ketua Rois Syuriyah, ketua tanfidziyah Ranting Pecuk, tokoh masyarakat, tokoh agama, anshor & pelajar dari usia SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, & para remaja Desa Pecuk dengan tujuan supaya PR. IPNU IPPNU Desa Pecuk ke depannya mendapat kader" baru & juga menunjukkan eksistensi IPNU IPPNU d kalangan pelajar supaya muncul minat mereka untuk berjuang bersama d organisasi kita tercinta๐Ÿ’•.


#PRIPNUIPPNUPECUK
#PACIPNUIPPNUMIJEN
#ISTIGHOSAHDANHARLAH
#AHAD23FEBRUARI2020
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA 

IPPNU Ranting Mlaten hadiri pelantikan Fatayat Ranting Mlaten


www.pacipnumijen.or.id ~ Beberapa perwakilan Rekanita IPPNU Ranting Desa Mlaten Hadiri pelantikan Fatayat NU ranting desa Mlaten, di Mushola Gg. 9 pada Ahad, 23 Februari 2020
Hadirnya rekanita IPPNU di pelantikan Fatayat NU ini bertujuan utk saling mendukung terbentuknya generasi-generasi Perempuan Muda Nahdlatul Ulama dijaman millenial ini, 
Kami dari IPPNU sendiri berharap kader-kader IPPNU yg sudah cukup umur nantinya bisa bergabung di Fatayat NU


#rantingmlaten
#ippnumlaten
#pacipnuippnumijen

Minggu, 16 Februari 2020

Rutinan Bulanan dan istighosah bersama menjelang UN PR IPNU IPPNU Jleper


www.pacipnumijen.or.id - Ahad,16 Februari 2020 PR Ipnu Ippnu Jleper mengadakan acara rutinan bulanan dan istighosah bersama menjelang UN. Acara yg dimulai pukul 14.00 bertempat dirumah rekan yusuf ini alhamdulillah berjalan dengan lancar, walaupun tidak semua anggota hadir dalam acara tersebut namun tidak menjadi penghalang bagi rekan rekanita yg lain mereka tetap semangat utk mengikuti acara sampai selesai.

Dalam acara rutinan kali ini berbeda dengan biasanya. Karena pada acara ini hadir juga ketua PAC Ipnu Ippnu mijen dan juga beberapa pengurus dari pac mijen. Yang mana dengan tujuan tidak lain hadir untuk turba juga menambah silaturrahim antara pengurus pac dan juga ranting2 dimijen. Dalam sambutannya rekan MUHAIMIN selaku ketua pac mijen menuturkan bahwa "Dalam kita berOrganisasi jadilah seorang pelopor bukan pengekor,
perintis bukan pewaris, dan
jadilah penggerak bukan penggertak". Ujar ketua PAC IPNU dalam sambutanNya.
Dan dalam sambutan rekanita QORI' selaku ketua PAC IPPNU mijen juga menuturkan bahwa "Didalam kita berjuang di organisasi yaitu khususnya di ipnu ippnu jangan pernah berfikir Apa yang kita dapatkan dari organisasi ini, tapi berfikirlah apa yang akan saya berikan untuk organisasi ini. Dan juga teruslah bersemangat dalam berorganisasi". Ujar ketua PAC IPPNU mijen.

Kemudian setelah berbagai runtutan acara yang kita lakukan sampailah pada acara yg menjadi acara inti dalam kegiatan rutinan kita yaitu NGABAR (Ngaji bareng) oleh romo KH. Ainun Najib, S.Pd.I selaku Katib Syuriyah MWC NU Mijen dan juga pembina PR. Ipnu Ippnu Jleper. Dan dalam ngaji tersebut salah satu yang beliau sampaikan juga bahwa "Dakwah kalian di IPNU IPPNU itu yang terpenting adalah bisa mengendalikan diri kalian utk tidak ikut melakukan hal2 yg tidak seharusnya kalian lakukan. Dan dalam berjuang di IPNU IPPNU ini targetnya : sesuatu yang kembali ke diri kita masing2 yang sifatnya kebaikan ukurannya adalah
kesuksesan. Dengan tekad yang bulat untuk berjuang / berkiprah di Ipnu Ippnu yang alhamdulillah insyaallah berkahnya banyak". Dan masih banyak point2 yang beliau sampaikan saat ngabar tersebut yang selanjutnya bisa rekan rekanita lihat di akun FB Ipnu Ippnu Jleper Mijen vidio streaming NGABAR IPNU IPPNU Jleper . 


#PRIPNUIPPNUJLEPER
#PACIPNUIPPNUMIJEN
#RUTINANISTIGHOSAHDANNGABAR
#AHAD16FEBRUARI2020
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA 

Minggu, 09 Februari 2020

Peringatan Harlah NU ke 94 oleh PAC IPNU-IPPNU Mijen dengan Ngaji Kitab Adabul Alim Wal Muta'allim

www.pacipnumijen.or.id — Ahad, 9 Februari 2020 selelah dhuhur sudah siap dan sambil menunggu rekan-rekanita dan tamu undangan hadir, tepatnya di Masjid Nurul Huda desa Ngelowetan, diadakan Peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke 94 tahun oleh PAC IPNU-IPPNU Mijen dengan kegiatan inti yakni Ngaji Bareng Kitab "Adabul alim wal muta'allim" karangan Hadratus Syekh KH. Hasyim Asy'ari (Pendiri NU).

Acara ini diadakan dengan berbagai runtutan acara yang dikemas dengan rapi, sebagai persiapan dimulai dengan sholawatan yang diiringi rebana kolaborasi antar ranting se kecamatan Mijen yang ikut serta dalam berpartisipasi mensukseskannya, menginjak pembukaan, dibuka oleh MC dengan bahasa Arab dan Indonesia, dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Tahlil disambung dengan Doa, lalu menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars IPNU-IPPNU, dan Syubbanul Wathon, kemudian sambutan-sambutan dari panitia, PAC, pemuda desa, sesepuh, pemerintah desa, babinkamtibmas polsek Mijen, MWC NU mijen yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng simbolis prosesi peringatan harlah NU yg dibawakan ketua PAC IPNU-IPPNU, setelah itu istirahat yang diisi game dan yang kena mendapatkan pertanyaan dari para tokoh dan tamu undangan serta ada door prize nya. Memasuki acara inti yakni ngaji kitab Adabul Alim Wal Muta'allim sekaligus doa dan penutup oleh KH. Ainun Najib, S.Pd.I selaku Katib Syuriyah MWC NU Mijen dan juga Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah Jleper.

Meski cuaca tidak terlalu terang, akan tetapi antusias para pelajar luar biasa, terbutkti dalam menghadiri acara ini, dari berbagai desa pun ikut hadir dengan membawa rombongan pasukan masing-masing. Serta tak lupa sesepuh dan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Ngelowetan selaku tuan rumah juga ikut mensupport dan membantu dalam acara ini.

Tujuan dari kami tidaklah lain khidmah dalam panutan kita yakni ulama-ulama dan kiyai-kiyai NU dengan tetap menguri-uri NU, dan juga memperkenalkan IPNU-IPPNU ke berbagai wilayah, khususnya pada acara kemaren di desa Ngelowetan sendiri yang belum terdiri lagi IPNU-IPPNU nya.
Harapannya supaya dapat menarik dan menggugah semangat khususnya dari para pelajar untuk bergabung bersama, yang sudah gabung supaya lebih mantab dan lebih semangat untuk kedepannya dalam berproses dalam ikatan ini dengan tetap dalam berbagi semboyan belajar berjuang bertaqwa.

#PACIPNUIPPNUMIJEN
#HARLAHNU94
#1926_2020
#MeneguhkanKemandirianNUuntukPerdamaianDunia
#PelajarNUsantara
#BerIpnuIppnuituAsyik
#IpnuIppnuMengaji
#NgajiKitab
#PesantrenBerjalan 

Jumat, 07 Februari 2020

PAC IPNU IPPNU Mijen Sambung silaturahmi dengan Karang Taruna Desa Ngelowetan



www.pacipnumijen.or.id ~ sehubungan dengan diadakannya Ngaji Bareng dalam rangka hari lahir NU yang ke 94 di Masjid Nurul Huda Ngelowetan, PAC IPNU IPPNU Mijen mengajak karang taruna desa ngelowetan untuk ikut mensukseskan acara tersebut

Pertemuan malam ini (7/2/2020) antara PAC IPNU IPPNU Mijen & karang taruna desa Ngelowetan tak lain untuk koordinasi tempat & perlengkapan apapun yg berkenaan dg acara tsb, mengingat pemuda karang taruna desa Ngelowetan adalah tuan rumah diadakannya Ngaji Bareng dalam rangka Harlah NU ke 94, yang nantinya akan diisi dengan ngaji Kitab Adabul Alim wal Muta'alim oleh KH. Ainun Najib

-ash

#PACIPNUMIJEN
#PACIPPNUMIJEN
#KARANGTARUNANGELOWETAN
#HARLAHNU94 

Undangan Ngaji bareng Harlah NU ke 94

_Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh_

๐Ÿ“ข *ANNOUNCEMENT*๐Ÿ“

๐Ÿ’š *PAC IPNU-IPPNU Mijen*๐Ÿ’›

_Proudly Present_
๐Ÿ”‰๐Ÿ”Š _*Ngaji Bareng dalam rangka Harlah NU ke 94*_๐ŸŽ‰๐ŸŽŠ

Sehubungan dengan adanya acara tersebut, diberitahukan kepada rekan rekanita semua, baik PAC, Ranting, Komisariat, Alumni, dan seluruh kader IPNU-IPPNU se Kecamatan Mijen, serta pelajar dan pemuda NU semuanya, diharapkan supaya bisa mengikuti kegiatan *Peringatan HARLAH NU* ini, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada ;

๐Ÿ“Hari : *Ahad Kliwon*
๐Ÿ“† Tanggal : *09 Februari 2020*
⏰ Pukul : *12.30 WIB*
๐Ÿ•Œ Tempat : *Masjid Nurul Huda Ngelowetan Mijen*

DIMOHON DENGAN SANGAT bantuan rekan dan Rekanita semua dan jangan lupa disampaikan ke rekan-rekanita lainnya juga supaya diajak untuk hadir.

*NB : Berseragam IPNU IPPNU bagi yang punya*

Salam Berjuta๐Ÿค๐Ÿค™
Belajar✍
Berjuang๐Ÿ’ช
Bertaqwa๐Ÿคฒ

_Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh_

_Ttd;_

_Panitia Pengajian dalam rangka_
_Harlah NU ke 94 th_
_PAC IPNU-IPPNU Kec. MIJEN_

Minggu, 02 Februari 2020

Istighotsah cara IPNU IPPNU Ranting Mlaten memperingati harlah NU yg ke 94 Tahun


www.pacipnumijen.or.id ~ Memperingati Harlah Nahdlatul Ulama yg ke 94 Tahun, Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Mlaten mengadakan Istighotsah yg dipimpin oleh Bpk Kiai Sholikin Ahmad, sebelum istighotsah dimulai beliau sedikit berpesan kepada rekan rekanita yg hadir diSelapanan Rutinan kali ini
"25 tahun yg lalu saya juga seperti kalian ini, semoga kegiatan semacam ini selalu istiqomah kedepannya, entah beberapa tahun yg akan datang kalian akan bermanfaat untuk masyarakat sekitar melalui kegiatan yg hari ini kalian agendakan"

Kami bagian dari kalangan pelajar nahdlatul ulama berharap semoga Nahdlatul Ulama kedepannya semakin kuat semakin jaya mengarungi arus masa kini. 

.ash

#PACIPNUIPPNUMIJEN
#rantingmlaten
#ipnumlaten
#ippnumlaten

Sabtu, 01 Februari 2020

Sowan dan Audiensi Dengan Sesepuh Ngelowetan sekaligus Wakil Tanfidziyah MWC NU Mijen


www.pacipnumijen.or.id — Jum'at, 31 Januari 2020 tepat pada momen hari lahir NU yang ke 94, PAC IPNU-IPPNU Mijen, sowan ke ndalem K. Ahlisil Fuad selaku Wakil Ketua Tanfidziyah MWC NU Mijen sekaligus pimpinan agama desa Ngelowetan, tak lain untuk silaturrahim dan sedikit audiensi.

Disitu lumayan panjang dan lebar pembahasan yang ada, menyangkut kegiatan NU sendiri baik di Kecamatan maupun di Ngelowetan, serta menginjak ke Pelajar dan Pemudanya mungkin bisa menggugah semangat kembali dalam menyiarkan NU maupun berorganisasi. Respon baik dan dukungan diberikan oleh tuan rumah untuk kedatangan kami yang bermaksud ingin mencoba melaksanakan kegiatan disitu karena jatahnya memang bergilir ke seluruh desa sekaligus melebarkan sayap-sayap perjuangan.

Dalam sowan ini, di sela-sela kesibukan sehari-haru, beberapa pengurus menyempatkan waktunya untuk tetap melaksanakan niat yang baik ini, semoga selalu mendapatkan petunjuk dan diberikan kemudahan dalam melakukan semua langkah perjuangan ini. Aamiin.

#PACIPNUIPPNUMIJEN
#PelajarNUsantara
#SalamPelajar
#BelajarBerjuangBertaqwa
#BerIpnuIppnuituAsyik
#IpnuIpnuituKeren