Selasa, 28 Januari 2020

BPH PAC Mijen selenggarakan Rutinan di Akhir Bulan



Ahad, 26/01/20 setelah sholat ashar', Badan Pengurus Harian PAC IPNU IPPNU Kecamantan Mijen adakan kegiatan rutinan yang bertempat di desa Jleper, tepatnya di Kediaman Rekan Ali Ihsan selaku Wakil Ketua Bidang Kesenian, Pengembangan Minat, dan Bakat.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk tetap merekatkan dan mensolidkan khususnya kepada jajaran penngurus harian, terlebih untuk dapat disalurkan kepada seluruh pengurus maupun anggota, selain itu juga tidak lupa untuk tetap melestarikan amaliah kita, yang didalamnya meliputi tahlil. Berbeda dengan rutinan seluruh pengurus yang runtutan acaranya panjang, kalau rutinan ini lebih difokuskan ke pembahasan yang lebih lama, meliputi ; pembahasan maupun evaluasi organisasi, kepengurusan, program kerja, dan sebagainya yang menyangkut berbagai garapan yang ada, serta saling membantu dan mencari solusi jika ada permasalahan.

Harapannya, semua pengurus harian khususnya, dan supaya bisa mempelopori seluruh pengurus umumnya, harus dapat menjaga silaturrahim baik secara langsung maupun tidak langsung, bisa dengan komunikasi lewat media sosial dll, walaupun berada dijauh.

Kegiatan rutinan ini berbagai pengurus harian disempatkan waktunya hadir, khususnya ketua, diikuti waka-waka, sekretaris, bendahara, lembaga, juga dihadiri oleh Rekan Miftahur Rohman, S.Pd.I selaku demisioner Ketua PAC 2014-2016 serta sebagai pembina PAC Mijen saat ini. Walaupun IPNU-IPPNU mandiri dalam pendaan, akan tetapi dapat merencanakan dan merealisasikan kegiatan yang sedemikian rupa, itu sangat baik, jangan patah semangat walaupun ada beberapa yg mungkin yg belum tercapai, karena itu hal yang wajar. Sedikit simpulan dari banyak pesan dan motivasi yang diberikan pada pertemuan kemarin, supaya lebih semangat, lebih sabar, dan tambah mandiri untuk meneruskan estafet perjuangan dalam menguri-uri NU khususnya di kalangan pelajar.

#PACIPNUIPPNUMIJEN
#PelajarNUsantara
#BelajarBerjuangBertaqwa
#BerIpnuIppnuItuAsyik
#IpnuIppnuItuKeren
#MandiriBisa 

Sabtu, 25 Januari 2020

HALAQOH penggerak perempuan Nahdliyyin Demak , Pac Ipnu Ippnu Mijen

www.pacipnumijen.or.id ~ sabtu, 25/01/20 Beberapa pengurus dari pac ippnu mijen dan ipp perwakilan dari ranting se kec mijen turut hadir dalam acara Halaqoh Perempuan Nahdliyyin Demak yg bertempat di gedung qoni Demak . Alhamdulillah bersama dengan mbak Fatayat dan ibu muslimat dr kab.demak acara berjalan dengan lancar dan sukses. 

#PACIPNUIPPNUMIJEN
#IPNUIPPNUSEKEC.MIJENHEBAT
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA💪🏻💚 

Jumat, 24 Januari 2020

Remaja Millenial mengenal kesehatan reproduksi & kerukunan bertetangga



www.pacipnumijen.or.id ~ Kerukunan merupakan suatu sikap tingkah laku yang berkenaan dengan kehidupan manusia yang beraneka ragam dengan menunjukkan rasa kebersatuannya bagi jasmani maupun rohani. Dalam kesempatan kali ini (Sabtu/25/01/2020) IPNU IPPNU Ranting Mlaten mengikuti semacam pelatihan yang diadakan oleh Tim KKN UNDIP di Desa Mlaten, mengenai Kerukunan Bertetangga & Pengenalan kesehatan Reproduksi

Hadir juga perwakilan dari Puskesmas Mijen yang memberi sedikit opening ttg kesehatan reproduksi, "Pengetahuan seputar masalah reproduksi tidak hanya wajib bagi remaja putri saja. Sebab, anak laki-laki juga harus mengetahui serta mengerti cara hidup dengan reproduksi yang sehat. Pergaulan yang salah juga pada akhirnya bisa memberi dampak merugikan pada remaja laki-laki pula." Ibu Amiroh

Dengan diadakannya pelatihan semacam ini Tim KKN UNDIP di Desa Mlaten berharap para remaja lebih berhati² dalam setiap ucapan agar kerukunan tetangga selalu terjaga tak lupa juga utk para remaja bisa peduli dengan kesehatan reproduksinya

-ash

#IPNUIPPNUMLATEN
#PACIPNUIPPNUMIJEN 

SAFARI & SILATURRAHIM Pac Ipnu Ippnu Mijen ke Pac Ipnu Ippnu Karanganyar Demak

www.pacipnumijen.or.id ~ Jum'at, 24/01/20 Beberapa pengurus dari pac ipnu ippnu mijen turut hadir dalam pembukaan acara PORSENI & KONFERANCAB pac ipnu ippnu karanganyar yg bertempat di MWC NU Karanganyar. Acara yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu tgl 24-25 januari 2020 ini semoga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dan semoga ketua yang terpilih nanti untuk melanjutkan estafet kepemimpinan selanjutNya setelah kepemimpinan rekan zaki dan juga rekanita anifa bisa amanah dan menjadikan perubahan lebih baik dan jaya selalu.


#PACIPNUIPPNUMIJEN
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA💪🏻💚 

Rabu, 22 Januari 2020

KITA SANTRI


Kita rela mengalah 
Demi jiwa yang lelah
Menahan rasa ngantuk saat mengaji
Supaya kita mafhum apa yang di sampaikan kyai

Kita tak pernah mengeluh 
Walau aslinya jiwa kita rapuh 
Selalu mengingat akan kesulitan orang tua 
Bercucuran keringat untuk membiayai kita

Kata "Man Jadda Wajada" lah yang kita tanam dalam hati 
Mengaji, dan menghafal adalah kegiatan kita sehari-hari
Selalu berdoa semoga ilmu kita manfaat 
Supaya kelak kita berguna bagi masyarakat


Al-Faqir Achmad Aan Nahrudin
Qudsy, 23012020 

Selasa, 21 Januari 2020

RUTINAN UNTUK MENJAGA SILATURAHMI IPNU IPPNU PECUK

www.pacipnumijen.or.id - Selasa, 21 Januari 2020 Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Pecuk gelar kegiatan rutinan yang d adakan setiap 2 minggu sekali & Kali ini bertempat di rumah Rekanita Sintia khoirul ummah jam 19.45-21.15 WIB.
Adapun susunan acara di mulai dengan tadarus al-Qur'an, pembacaan tahlil, pembacaan asma'ul husna, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars IPNU-IPPNU, & Syubbanul wathon. 
Rutinan ini d harapkan mampu untuk menjaga tali silaturrahmi antar anggota, menjaga keakraban, & menjaga tradisi Jam'iyyah NU tentunya. Semoga Kita semua d istiqomahkan dalam menjalankan kebaikan🤲.


#IPNUIPPNUPECUK
#SALAMBERJUTA
#BelajarBerjuangBertaqwa 

RUTINAN NGAJI KITAB IPNU IPPNU BANTENGMATI - Januari 2020

Selasa,21 Januari 2020

‌Acara Rutin ngaji kitab PR IPNU IPPNU Ranting Desa Bantengmati yang dilaksanakan setiap Minggu pada malam Rabu bersama Ustadz Muhammad Yusuf selaku ketua Anshor ranting Bantengmati sekaligus pembina IPNU IPPNU ranting desa Bantengmati yang bertempat di masjid NU Al Ihsan ,masjid ini baru diresmikan beberapa waktu yang lalu meskipun tahap pembangun belum dilaksanakan. Kegiatan ini sangat didukung oleh sesepuh NU karna sebelumnya rekan samsi selaku ketua IPNU terlebih dahulu sowan ke pihak sesepuh NU yaitu Romo kyai Sunoto selaku Rois Syuriah NU ranting Bantengmati , dan beliau sangat setuju dengan usulan kegiatan tersebut dan agar nantinya anggota IPNU IPPNU bisa ngaji semuanya.

#IpnuIppnuBantengmati
#salamberjuta 

KISAH KATAK HIJAU DAN PARA SAUDARANYA




Dalam sebuah kehidupan. hewan ini berjumlah lima dalam suatu keluarga. Keluarga ini sederhana, dalam keluarga ini ada seekor hewan yang berbeda beda dalam pemikiran, karakter maupun sikap. namun slogan mereka tetap satu.
"Meski berbeda beda tapi tetap satu" Benarkah... ? 
Mari simak kisah ini.

Alkisah ada lima ekor katak. Katak pertama bernama si *A*, katak yang kedua bernama si *B*, katak ketiga bernama si *C*, katak ke empat bernama si *D*, dan katak terakhir bernama si *E*. Di hari yang begitu indah 5 katak berkeluarga itu di hampiri oleh sebuah kebahagiaan, rasa damai, aman, nyaman tentram, dan tanpa konflik, 
Hari demi hari kian berganti, keluarga itu mempunyai misi yang sama yaitu berburu nyamuk bersama sama, demi menyambung hidup mereka semua.
Dari pagi siang dan malam mereka lalui dengan bahagia.
Rasa keluarga hinggapi kebersmaan mereka.


Bagan 1. Beda pandangan

Pada suatu pagi , sebelum mereka berburu nyamuk ada perdebadatan yang kian sengit, antara si katak *A* yang pertama dan si katak *E* yang terkahir, perdebatan yang sengit terjadi karana mereka ingin menentukan tempat dimana kira2 keluarga tersebut ingin berburu nyamuk.

 si katak *C* bertanya kepada semwa anggota katak yang ingin berburu nyamuk. " kira2 hari ini kita berburu nyamuk kemana ya kira2 ?" 
Lalu katak *A* yang paling tua mulai berbicara" bahwasanya nyamuk itu paling banyak di sungai amazon, bagaimna kalu kita berburu ke sana? Dengan senyum manis seraya mengajak.
 katak *B*, dan katak *D* hanya bilang " aku sih ngikut2 ajah." 
Lalu katak *C* mulai bertanya lagi " adakah usulan lain".
 lalu dengan tiba2 katak *E* menyahut seraya berkata " kalu menurutku nyamuk paling banyak itu adanya di kaligawe" dengan tersenyum lebar. 

Lalu katak *A* hanya diam sembari mendengarkan penjelasan dari katak *E*,
"Kalu kali gawe itu memang biasanya kan banyak nyamuknya, toh tempatnya juga dekat dari sini." 

Merasa ada idenya yang menyaingi, si katak *A* memperkuat argumen idenya. 
" Kalu menurutku, sungai kali gawe dan sungai amazon itu luasnya lebih besar dari sungai kaligawe, jadi nyamuk di sungai amazon pastinya lebih bnyak dari pada sungai kali gawe".

Sikatak *B*,*C*,*D*. Menggangguk secara bersama karna penjelasan yang masuk akal dari si katak *A*. 

Setelah katak *A* memperkuat idenya.
 Katak *E* jua tak ingin kalah unjuk bicara.
"Nyamuk itu kan biasanya ada di tempat yang sungainya kecil, karna sungai yang kecil airnya kan tenang, lha jika tenang maka nyamuk akan mudah berkembang"

Akhirnya dengan ide tersebut Si katak ,*B*,*C*,*D*, menyutujui usulan si katak *E*, dan si katak *A* pun harus melepaskan harga idenya yang tak di setujui oleh anggota lainya.

Lalu kemudian mereka bergegas menuju sungai kali gawe yang di pimpin oleh katak *A*. 

Dalam sebuah perjalanan katak *A* merasa ingin istirahat, ia merasa bingung dengan jalanya padahal dia sudah tahu. 
Ia kemudian mempengaruhi anggotanya untuk istirahat dengan lama. Lalu katak *E* memberi nasehat jngan lama untuk istiratnya. Tapi si katak *A* tak menggubrisnya.

Lalu menjelang sore si katak *A* mengajak melanjutkan perjalanan kembali. Sampai pada waktunya tibalah di sungai kali gawe. Sampai sana mereka kecewa, yang terliahat apa? Nyamuk sepeserpun tak tak ada wujudnya. Kerana nyamuk nyamuknya sudah pergi kepemukiman mencari mangsa. Kecewa sungguh kecewa yang di kata kali gawe banyak nyamuknya tertnya kini tiada. Perut mereka lapar sangat sangat lapar. Saat itu juga yang mereka makan tak lagi yamuk yamuk yang lezat namun yang mereka makan hanyalah kekecewan dan harapan.

Lalu katak *A* marah, seolah olah semua rasa lapar,Kekecewaan,perjuangan yang sia sia ia limpahkan ke katak *E* selaku yang memberi usulan di kali gawe. Setelah kemarahan katak *A*, si katak *B*,*C*,*D*, jua terpengaruh, sehingga mereka terus memaki maki si katak *E", 
Hingga sampai akhirnya si katak E minta maap kepada mereka semwa, tapi apa daya? si katak *A*. Terus memprovokasi Dan respon kata maappun tak kunjung ada. Kemudian si katak *E* hanya tersenyum melihat kelucuan keluarganya.

*Jika bisa di usut jika saja si katak *A* tidak istirahat terlalu lama dan tak mempengaruhi anggotanya. Maka mereka akan sampai pada masa dimna mereka akan melahap nyamuk dengan kenyang dan tanpa adanya kekecewaan.

Bagan 2. Konsolidosa.
Kemarahan hari lalu tak kunjung surut. Kobaranya masih trasa. Sampai suatu ketika si katak *A* mengajak jalan jalan si katak *B*,*C*,*D* namun tak mengajak katak *E*.
Ketika katak *E* pngin ikut. 

Katak *A* berkata" sudah kamu di rumah dulu, jaga rumah barangkali ada tamu" 

Katak *E* menyahut " iya siap" sambil menganggukan kepala dan tersenyum.

Lalu mereka berempat melakukan safari ke suatu tempat. 
Kala mereka sampai di suatu tempat.
Si katak *A* mulai menyulut api isu2 yang menjatuhkan si *E*. 
Dan semua perhatian si katak *B*,*C*,*D*, tertuju pada kejelakan si katak *E*, 

Lalu si katak *A* berkata," bagaimna jika kita lenyapkan saja si katak *E* dari peradaban keluarga kita" 

Kerana suasana sulutan itu semakin panas, akhirnya katak *B*,*C*,*D* terselut kobaran amarah. Kemudian si katak *A* membisikan sebuah ide kepada mereka.
Lalu mereka mengamini ide cemerlang dari si katak *A* untuk melenyapkan si katak *E*. 
Kemudian mereka membuat sebuah lubang yang sangat dalam dan kemudian dihias agar tidak tampak seperti ada lubang.

Setelah mereka selesai membuat lubang kemudian mereka membuat strategi. Setelah selesai mmbuat strategi dan di sepakati mereka berempat pulang.

Sedangkan di rumah, si katak *E* hanya melayani tamu yang datang dan pergi dengan senyum dari hati.
Dan pada saatnya mereka beempat datang dari safari dan langsung memeluk si katak *E*, seolah2 mereka tak nampakan sesuatu yang mereka rencanakan nantinya untuk si katak *E*.

Bagan 3. Penyingkiran yang sia sia.
Pada keesokan harinya ketika mentari sudah mulai memperlihatkan diri. Angin pagi yang kian berhembus ke angin siang. Di saat itulah rencana yang kemaren telah tersusun akan di eksekusi oleh saudara saudara si katak *E*. 
Si katak *A* memberi kode kepada si katak *B*,*C*,*D* untuk sok baik dan kemudian merayu kepada si katak *E* untuk ikut safari sambil mencari nyamuk. 
"Ayo E kita pergi" ajakan dari si katak *C*.
"Eeee,, gmn yaaa,?" Sahut si katak *E*.
"Ayolahh..." Ayolahhh" sahut si katak *B* dan , kemudian sahutan mempertegas dari katak *A*" haayyyoo kalu mou ikut " 
 kemudian si katak *E* memberi jawaban "okelah kalu begitu ".

 kemudian mereka berjalan. Dan dengan posisi katak *A*. Di depan, katak *B* nomor 2, katak *C* nomer 3, katak *D* nomor nomer 4, dan kemudian katak *E* paling terkhir. Mereka berbaris. Lalu mereka melakukan perjalan teruuuuss sampai. Suatu ketika si katak *A* melihat lubang yang kemaren telah di buat. Lalu dia memberi kode kepada katak *B*, *C*, *D*, dan si katak *E* dengan polosnya hanya tersenyum karna kode kode tersebut lucu, menurut katak *E*, 
Sampai di dekat lubang yang samar. Si katak *A*. Melompat, di lanjut katak *B* kemudian katak *C*, lalu katak *D*, selanjutnya katak *E*, ketika giliran katak *E* melewati lubang yang samar dan tak terlihat, ia tak melompat, dan akhirnya naas. Ia terjembab dalam lubang yang sangat dalam. Ia tak tau...lalu ia bertanya tanya pada diriny sendiri. 
" kenapa bisa seperti ini ?? Apakah aku akan mati di dalam lubang ini wahai sang pencipta?" 
Smbil berpikir dan melamun dengan raut mimik pasrah, sambil menghadap ke atas lubang. Dalam lubang yang dangat dalam yang terlihat hanya cahaya dari atas lubang. Selang beberapa saat terlihat dari atas lubang saudara saudaranya melihat ke dalam lubang.. sambil berteriak teriak sahut menyahut.

Si katak *A* " mampus kau kafffirrr,, matilah kau dalam lubang kesengsaraan nikmatilah neraka itu fiirr kafiirrrr... Makanya jangan banyak membantah dengan akalmu fire kafiirrr Hahahaha." 

Sikatak *B* " mati saja kau disana jangan pernah kembali hai buajingan mati mati sana .. surga tak kan kau temui setelah mati hahaha".

Si katak *C* " hahaha sampai kapan pun kau tak kan pernah bisa blookkk goblokk,.. matiilaaahhh kamu hahaha"

Si katak *D* " heiii kauu, makanya jangan sok... Tamat lahh riwayatmu. Smpailah kamu dalam neraka jahannam. Dasarr munafiiq..!!
 geeenddeeengg kamu Hahaha matilaaahh hahaha".

Mereka semua meneriaki si katak *E* dari atas lubang dengan penuh kebahagian, mereka menganggap rencana itu sukses. 

Si katak *A* selaku tetua tertawa dan berkata
" hahah hahahaha hahaha hahaha akhirnya rencana kita berhasil".

Teriakan mereka bagaikan suporter sepeakbola melihat clubnya menang dalam kejuaraan.. ya begitulah yang terlihat dari sudut atas lubang.
Namun beda apa yang terlihat katak *E* dari bawah lubang.

Si katak *E* tak tau apa yang di teriaki oleh saudara saudaranya tersebut. Kiranya Yang katak *E* lihat ialahh.. 
Para saudara saudaranya meneriaki dengan penuh motivasi semngat 
"ayo ayoo kamu pasti bisa" dengan senyum yang terlihat dari saudaranya mebuat si katak *E* tak jadi patah arang, justru dengan teriakan itu si katak *E* merasa ada kekuatan yang membangkitkan dirinya dari keputus asaan. 

Lalu ia berkata" aku tak mungkin mati di sini, aku harus bangkit. Saudara saudaraku masih membutuhkanku, aku tak sendirian di sini".

Setelah untaian kata yang keluar dalam batinya, ia lalu melompat mencoba naik ke atas lubang, namun ia jatuh.. lalu naik lagi.. lalu jatuh lagi.. mencoba naik lagi lalu jatuh lagi.. mencoba naik lalu jatuh lagi.. ia melihat ke atas.. saudaranya masih terus meneriaki.. lalu triakan itu membuat si katak *E* bertamabah kekuatanya, ia terus mencoba keluar dari lubang. Saudaranya terus meneriaki.. 
Ia mencoba, saudaranya terus meneriaki. Ia mencoba, saudaranya terus meneriaki.
Ia mencoba, saudaranya terus meneriaki.
Sampai akhirnya sikatak *E* berhasil menaiki lubang. 

Kekagetan terjadi diantara si katak *A* , *B* , *C* , *D* mereka tak percaya akan apa yang di lakukan si katak *E* .Mereka bertanya tanya dalam benak mereka "bagaimana bisa dia naik.?".

Setelah bisa naik, si katak *E* tersenyum lalu memeluk seraya berkata " terima kasih banyak saudara saudaraku, sudah membantu menyemangatiku sampai aku bisa kembali keatas sini".

Sampai di atas si katak *E* tak tau. Bahwa saudara saudaranya ingin membunuhnya. Si katak *E* masih mnganggap baik saudara saudaranya hingga masanya. 


Benarkah bhineka tunggal ika masih ada dalam dada ?
Lalu jika masih ada, apakah kita masih ingin membunuh karna beda bendera,beda bahasa, beda suku, beda budaya, beda warna kulit, beda pendapat?
Dan Benarkah perbedaan adalah rahmat.?
Wallahua'lam bishowaf..

Hakim Nurjawad
Demak, 20-Juni-2018.

ide imajiner terinspirasi dari kisah realita kemudian di benturkan dengan diskusi dari mulut ke mulut / generasi folklor(generasi menyebarkan kabar, pengetahuan, atau informasi, dari lisan ke lisan). Yang kemudian di benturkan dengan kisah dan terbentuklah tulisan ini.

Tulisan ini memang kurang dari kata sempurna.
Sudilah! bagi para pembaca untuk selalu menumbuhkan kesadaran kritis dalam mengkritisi suatu hal termasuk mengkritisi tulisan ini, dan lebih berterima kasih lagi bagi penulis kepada pembaca untuk memberi komentar kepada si penulis lewat kolom kolom yang sudah ada. Tanpa kritik dan saran dari para pembaca penulis ini bukanlah apa apa. Hehe..

Jangan lupa tetep santuy..😁 

Senin, 20 Januari 2020

HARAPAN


Oleh:ATIK KHASANAH(wakil sekretaris PAC IPPNU KEC.MIJEN KAB.DEMAK)

Di setiap dari kita masih terselip peluang untuk menjadi baik
Tidak ada istilah tidak layak menjadi baik
Tidak ada istilah tidak ada harapan untuk memiliki masa depan yang cerah 
Bukan menyesal tanpa apa apa
Bukan mengenang dosa tanpa bersalah
Hakikatnya setiap orang belum tentu baik
Tapi selalu ada kebaikan pada setiap orang
Jangan mudah menilai seseorang
Karena kita semua memiliki dosa
Hanya saja takarannya yang berbeda
Setiap dari kita punya masa lalu
Dan setiap pendosa masih punya masa depan 

AYO KITA BANGKIT BERSAMA

OLEH : SITI KHORIAH
( KETUA PAC IPPNU KEC. MIJEN KAB. DEMAK )

Demi negeri ini
demi negara dan masyarakat yang kita cintai
mari kita bangkit bersama menjadi ippnu sejati 
tahan banting tahan uji
terus maju takkan berhenti 
terus berjuang dengan hati suci

Mari kita tampilkan pelajar muda jadi garda terdepan
dalam mewujudkan negeri aman dan nyaman
walau Hambatan datang menghadang
dan rintangan selalu menghalang 
maju terus dan jangan hiraukan  

dengan semangat yang tak pernah pudar
dengan tekad yang terus berkobar
hadirkan pelajar dengan semangat membakar
kita wujudkan indonesia yang jaya dan bersinar

dengan janji dan ikrar bersama
dan berpegang pada nahdlatul ulama
kita wujudkan pelajar Indonesia
berdiri tegak dengan pedoman aswaja.🥰 

Minggu, 19 Januari 2020

Rutinan IPNU IPPNU Bantengmati diawal tahun

www.pacipnumijen.or.id ~ Ahad, 19 Januari 2020. Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Bantengmati melakukan kegiatan rutinan Selapanan, yang dilakukan pada Minggu ketiga setiap bulan, pada Rutinan kali bertempat di rumah rekanita Nikmah pada waktu siang hari jam 13.30-16.00. dengan tuntutan acara yaitu pembacaan tahlil,pembacaan maulidurasul dan sarasehan bersama. Pada pertemuan selapan ini Di harapkan semua anggota dapat menjaga silahturahmi dan menumbukan rasa kekeluargaan di setiap anggota. Dan diharapkan dapat mengistiqomahkan disetiap kegiatan yang ada.

#IpnuIppnuRantingBantengmati
#SalamaBerjuta 

Sabtu, 18 Januari 2020

Kegiatan Rutin IPNU IPPNU Pasir sowan ke Sesepuh NU diminggu kedua

Kegiatan awal dan sowan sesepuh NU

Kegiatan rutin bulanan di Minggu kedua IPNU IPPNU Ranting Pasir dan sowan ke sesepuh NU Ranting Pasir.

www.pacipnumijen.or.id ~ Demak,(18/01/20) para kader IPNU IPPNU Ranting Pasir mengadakan kegiatan rutinan bulanan yang bertempat di rumah rekanita Alfiyatur Rohmaniyah RW04 Desa Pasir, yang di hadiri oleh senior dan pengurus tahun sebelumnya. setelah menjalankan agenda rutin bulanan, para kader IPNU IPPNU tersebut melakukan sowan ke rumah K. Ahzan Anas selaku pengurus NU ranting Pasir.

Aan Fauzi Ainul Yaqin selaku 
dimisioner pada saat diskusi bersama mengatakan 
"dulu pada saat di masa saya yang biasanya kyai kyai yang di sowani K. Ahzan Anas dan KH. Abdul basyir, namun apabila rekan dan rekanita mau sowan saran saya ke K. Ahzan Anas dulu, baru ke K.H. Abdul basyir. Karena K. ahzan Anas enak untuk di ajak diskusi anak anak muda, sedangkan KH. Abdul Basyir enak untuk di mintai nasehat anak anak muda"

Setelah mendapatkan masukan dari senior serta kesepakan bersama dalam diskusi, Ari Shofani koordinator ranting pasir mengajak para kader IPPNU IPPNU yang hadir untuk sowan ke K. Ahzan Anas untuk meminta saran dan nasehat.

Adapun point' point' yang di sampaikan oleh K. Ahzan Anas kepada kader IPNU IPNU ranting pasir antara lain : Aktifkan organisasinya, di bentuk struktur, kemudian bekerja sama madrasah dan aliyah akan memudahkan langkah kedepanya, kalo bisa dalam agenda bisa menggandeng sponsor, berkreatifitas dalam organisai, dan siap mental serta menata niat.

Kegiatan ranting Pasir dan sowan kali ini berjalan lancar, keadaan cuaca cerah, meski kegiatannya dari sore sampai malam dengan beberapa kader saja tak melayukan semangat mereka dalam berjuang di IPNU IPPNU.

Kegiatan awal ini adalah kegiatan pertama dari ikatan pelajar NU ranting pasir, harapannya dengan kegiatan awal ini bisa Istiqomah serta menghidupkan ranting pasir yang dulu sempat vakum untuk kembali aktif dan memberi manfaat kepada sesama pelajar serta masyarakat umum desa pasir.

Demak ,18 Januari 2020
(Red. Hakim) 

IPNU IPPNU Jleper Ngaji ADABUL ALIM WAL MUTA'ALLIM bersama santri Nurul Falah Jleper

*Ngaji malam Ahad PR. IPNU IPPNU Jleper dan Santri Nurul Falah Jleper* 

Malam ahad, 18/01/20 sehabis maghrib PR. Ipnu Ippnu jleper beserta santri nurul falah jleper melaksanakan Ngaji rutin setiap malam ahad.

Kegiatan ngaji ini sudah berlangsung sejak lama dan rutin dilaksanakan setiap malam ahad oleh Romo KH. Ainun Najib S.Pd.I selaku pengasuh PP Nurul falah jleper. Ngaji ini bersifat umum yang diIkuti oleh rekan rekanita, santriwan santriwati dan juga ada yg dari luar desa jleper.

Malam ini mulai ganti kitab baru yaitu kitab "ADABUL ALIM WAL MUTA'ALLIM" karya simbah Yai HASYIM ASY'ARI pendiri jam'iyah NU. Kitab ini sangat penting untuk dipelajari terlebih bagi orang yang berkecimpung di dunia ilmu... Mudah mudahan kita semua diberi keberkahan dalam mempelajariNya.🤲🏻


#SANTRINURULFALAHJLEPER
#PRIPNUIPPNUJLEPER💚
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA 

Jumat, 17 Januari 2020

Rutinan Ranting Geneng di Awal Tahun 2020

*Rutinan Ranting Geneng di Awal Tahun 2020*

Jum'at, 17/01/20 tepat setelah sholat Isya', PR IPNU IPPNU Desa Geneng gelar kegiatan rutinan yang bertempat di Musholla Al-Amin gang 1 wetan.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk tetap melestarikan amaliah kita, yang didalamnya meliputi tahlil, berjanjen / maulidurrosul, yang diiringi rebana Syifaul Qolbi Ranting IPNU-IPPNU Geneng, selain itu juga untuk berlangsungnya proses organisasi dengan adanya pertemuan rutin yang bisa digunakan untuk membahas perkembangan maupun kegiatan yang akan datang dll. Dalam acara ini dikemas dengan baik yaitu dengan adanya pembawa acara, sambutan, dan biasanya juga ada tausiyah sekaligus motivasi yang disampaikan oleh pembina maupun kiyai setempat, dan lain sebagainya kondisional, untuk petugas pun biasanya gantian yang juga sebagai ajang untuk melatih serta mengembangkan potensi diri, khususnya ketika memimpin, berbicara, serta menghadapi orang banyak. Tidak ketinggalan pula dalam rutinan tadi ada sesi spesial yang beda dari biasanya, yaitu ramah tamah dari Tim KKN UNDIP yang ikut serta dalam mengikuti rutinan.

Walaupun belum semua anggota hadir, akan tetapi acara ini bisa menjadi penyemangat untuk seluruh anggota kedepannya, khususnya di awal tahun ini, semoga bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Serta tak lain juga mendapatkan pengalaman baru setelah apa yang disampaikan kakak-kakak KKN yang telah bergabung tadi.

Kegiatan rutinan ini biasanya diadakan di hari sabtu malam ahad, tapi tidak terduga tergantung pertimbangan sikon ya seperti ini tadi diadakan hati jum'at. Untuk tempatnya keliling dari masjid dan musholla-musholla yang ada di desa Geneng, dan berputar secara acak. Selain itu juga tak lepas sebagai ajang silaturrahim kepada kyai dan pengurus takmirnya terlebih juga kepada masyarakat sekitar.

#PRIPNUIPPNUGENENGMIJENDEMAK
#PelajarNUsantara
#BelajarBerjuangBertaqwa
#BerIpnuIppnuItuAsyik
#IpnuIppnuItuKeren
#SantriIndonesia 

Kamis, 16 Januari 2020

KKN UNDIP didesa Mlaten ajak IPNU IPPNU Mlaten mensukseskan programnya



KKN UNDIP didesa Mlaten ajak IPNU IPPNU Mlaten mensukseskan programnya

www.pacipnumijen.or.id - Kamis 16 Januari 2020, pengurus harian Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Mlaten diajak bersilaturahmi Tim KKN UNDIP di Desa Mlaten, guna membahas dan ikut serta mensukseskan program-program yg akan dilaksanakan selama KKN di Desa Mlaten, dari IPNU IPPNU sendiri siap membantu seluruh kegiatan dari Tim KKN UNDIP di Desa Mlaten


#IPNUIPPNUMLATEN
#PACIPNUIPPNUMIJEN 

Rutinan Maulidurrosul PR IPNU IPPNU Jleper

*Rutinan MaulidurRosul Malam Jum'at PR.Ipnu Ippnu Desa Jleper*

Kamis, 16/01/2020 Rutinan Maulid Nabi SAW oleh Ippnu desa Jleper ini dilaksanakan setiap malem Jum'at di dalemnya romo KH. Ainun Najib secara rutin. Rutinan yang hanya diIkuti oleh anak ippnu ini berawal dari saat itu pada bulan maulid selama 12 hari setiap malam rutin dilaksanakan maulidan didalemNya romo KH. Ainun najib (ponpes nurul falah jleper) setiap habis maghrib. Hingga akhirNya diagendakan menjadi kegiatan rutin setiap malam jumat yang hanya diIkuti oleh anak ippnu. Dan setelah itu dilanjut belajar rebana walaupun masih dalam tahap penyesuaian juga. 
Rutinan ini di ikuti oleh kurang lebih sekitar 10_an sampe 15_an anak ippnu... Walaupun hanya sedikit yang hadir akan tetapi tidak menjadi halangan dan tetap menjadikan semangat untuk membaca sholawat, atas dasar cinta kpd rasulullah, dan belajar rebana. 


#PRIPNUIPPNUJLEPER
#BELAJARBERJUANGBERTAQWA
#BERIPNUIPPNUITUASYIK 

Rabu, 15 Januari 2020

PROGRAM KERJA

PROGRAM KERJA BPH

PROGRAM KERJA KADERISASI 

PROGRAM KERJA DEPARTEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT, 
JARINGAN LUAR & PEREKONOMIAN


PROGRAM KERJA CBP-KPP

 PROGRAM KERJA DEPARTEMEN KESENIAN
DAN PENGEMBANGAN MINAT BAKAT
 PROGRAM KERJA DEPARTEMEN ORGANISASI
PENDIDIKAN DAN DAKWAH


Senin, 13 Januari 2020

Ranting Pelajar NU Geneng Berbagi Ilmu Rebana

*Ranting Pelajar NU Geneng Berbagi Ilmu Rebana*

Senin, 13/01/20 dimulai setelah Isya', PR IPNU IPPNU Desa Geneng menggelar pelatihan seni musik islami yakni rebana dan sholawatan untuk sesama pengurus dan anggota, kalau ada diluar anggota ketika mau ikut juga dipersilahkan. Pada kali ini kebetulan bertempat di Musholla Gang 2 wetan.

Kegiatan ini tidaklah yang pertama, akan tetapi sudah sering dilakukan oleh PR Geneng, untuk tempatnya tidak selalu menetap, dan terkadang bergantian baik di rumah anggota maupun di musholla yang ada. Selain itu juga dapat dijadikan untuk tetap menyambung silaturrahim dengan tuan rumah maupun pengurus musholla. Mengenai harinya kondisional sesuai situasi dan kondisi para anggota pengurus, dan sebelumnya tentunya sudah diadakan koordinasi untuk musyawarah dalam menentukannya, tapi untuk waktunya seringnya setelah isya' karena rata-rata banyak waktu yang luang.

Maksud dan tujuannya tidak lain untuk tetap menyiarkan Agama Islam, berbagi ilmu kepada yang membutuhkan, melestarikan kesenian, menyambung silaturrahim, dan juga untuk mempersiapkan diri ketika nanti saat adanya Kegiatan Rutinan yang yang salah satu runtutan acara didalamnya ada MaulidurRosul yang diiringi Rebana / Hadroh.

#PRIPNUIPPNUGENENGMIJENDEMAK
#BerIpnuIppnuituAsyik
#PelajarNUsantara
#BelajarBerjuangBertaqwa